Mengapa Nyamuk Menghisap Darah

Posted by

Mengapa nyamuk ini menggigit ? Bagaimana nyamuk Aedes aegypti menularkan virus ?

Nyamuk demam berdarah dengan nama lain Aedes aegypti adalah faktor utama penyebab demam berdarah. Hanya nyamuk betina yang menggigit dengan menghisap darah sebagai sumber protein bagi telurnya, dan nyamuk betina bertelur setelah menghisap darah.

Nyamuk Aedes aegypti dewasa biasanya aktif menggigit pada siang hari, terutama di pagi dan sore hari. Mereka tertarik pada manusia terutama karena karbon dioksida yang kita hembuskan. Faktor lain yang dapat memengaruhi perilaku menggigitnya adalah warna pakaian dan aroma kulit (seperti bau keringat). Nyamuk dianggap kurang tertarik dengan pakaian berwarna cerah.

Nyamuk Aedes aegypti membawa virus seperti Zika, dengue atau lainnya, ketika menggigit orang yang terinfeksi virus tersebut. Apabila tidak ada individu terinfeksi yang digigit nyamuk, virus Zika tidak akan menyebar karena virus ini tidak dapat menginfeksi dengan sendirinya.

Apabila nyamuk menggigit seseorang yang terinfeksi oleh virus Zika, nyamuk tersebut membawa virus dari orang yang terinfeksi tersebut. Perlu lima hingga tujuh hari bagi virus tersebut untuk menggandakan diri dalam tubuh nyamuk yang kini terinfeksi. Selama itulah, virus diteruskan ke kelenjar ludah nyamuk.

Dari kelenjar ini, nyamuk menyebarkan virus dari air liurnya ke orang yang digigitnya. Hal ini berpotensi menginfeksi orang tersebut. Seekor nyamuk yang terinfeksi mungkin mampu menginfeksi beberapa orang.


Blog, Updated at: 12:18 AM

0 comments:

Post a Comment