Metamorfosis Tidak Sempurna

Posted by

Metamorfosis tidak sempurna adalah suatu proses metamorfosis yang tidak melalui fase pupa (kepompong) sehingga bentuk tubuh hewan yang mengalaminya tidak berubah secara signifikan.

Metamorfosis tidak sempurna adalah proses pertumbuhan hewan dengan tidak mengalami perubahan bentuk, hewan yang baru menetas hampir sama bentuknya dengan hewan dewasa hanya ada bagian yang belum tumbuh.

Contohnya hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah Belalang.

Pada metamorfosis tidak sempurna, serangga mengalami perubahan bentuk dari telur hingga dewasa yang tidak mencolok dalam daur hidupnya. Bentuk larva atau bentuk pradewasanya disebut nimfa.

Nimfa memiliki kemiripan dengan bentuk dewasa (imago), kecuali organ reproduksi dan sayap. Organ reproduksi dan sayap pada nimfa belum berkembang. Baru setelah berubah menjadi serangga dewasa.

Organ reproduksi berkembang dan serangga dapat bereproduksi. Pada metamorfosis tidak sempurna tidak terbentuk tahap pupa. Pada metamorfosis tidak sempurna.perubahan bentuk yang terjadi adalah sebagai berikut :

Telur — nimfa — imago (dewasa)

Contoh serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna antara lain belalang, Lipas (kecoa), dan Jangkrik.

Demikianlah penjelasan singkat tentang metamorfosis sempurna dan tidak sempurna, saya harap anda mempelajari juga tulisan terkait dibawah ini.


Blog, Updated at: 11:57 AM

0 comments:

Post a Comment