Morfologi Nyamuk Anopheles

Posted by

Nyamuk Anopheles sp  adalah nyamuk yang mempunyai peranan dalam menularkan penyakit malaria. Ciri khas dari nyamuk Anopheles sp yaitu pada saat hinggap dalam posisi menukik atau membentuk sudut.

Nyamuk Anopheles sp akan meletakkan telurnya dalam genangan air bersih dan tidak terkena polusi, Setiap spesies Anopheles sp mempunyai kebiasaan yang berbeda.

Larva Anopheles sp dapat kita temukan di air tawar, rawa-rawa berair payau, rawa mangrove (bakau), sawah, selokan yang tertutup rumput, di tepian sungai, dan juga pula genangan air akibat hujan. 

Secara garis besar tempat  perkembangbiakan Anopheles  sp dapat dibagi  menjadi tiga kelompok yaitu  :
  1. Persawahan yaitu Anopheles  aconitus, Anopheles annullaris, Anopheles barbirostris, Anopheles  kochi, Anopheles karwari, Anopheles nigerrimus, Anopheles sinensis, Anopheles tesellatus, Anopheles Vagus,  dan Anopheles  letifer.
  2. Perbukitan/hutan yaitu Anopheles balabacensis, Anopheles bancrofti, Anopheles punculatus,dan Anopheles umbrosus.
  3. Pantai/aliran Sungai yaitu Anopheles  flavirostris, Anopheles  koliensis, Anopheles ludlowi, Anopheles minimus, Anopheles punctulatus, Anopheles parangensis, Anopheles sundaicus dan  Anopheles subpictus.
Nyamuk Anopheles sp memasuki rumah dari mulai pukul 17 : 00 sampai dengan pukul 22 : 00 dan kemudian akan aktif lagi sampai menjelang pagi. Anopheles sp  mulai aktif menggigit saat mulai larut malam dan puncak  dari aktivitas menggigitnya adalah di tengah malam dan  menjelang pagi.

Nyamuk betina Anopheles sp merupakan nyamuk yang aktif menggigit hal ini karena nyamuk betina memerlukan darah untuk perkembangan telurnya. Pada saat nyamuk betina aktif mencari darah maka nyamuk tersebut akan terbang berkeliling  mencari rangsangan dari hospes (obyek yang digigit)  yang  dianggap cocok.

Berdasarkan sasaran hospes, nyamuk  Anopheles sp  termasuk dalam kategori antrofilik yaitu  nyamuk yang lebih suka menghisap darah manusia, dan  juga zoofilik  yaitu nyamuk lebih suka menghisap darah hewan.
Berdasarkan tempat menggigitnya nyamuk Anopheles sp termasuk dalam kategori eksofagik dan endofagik. Nyamuk Anopheles sp termasuk kategori eksofagik karena nyamuk ini lebih suka menggigit di luar rumah dan juga termasuk endofagik karena nyamuk lebih suka menggigit di dalam rumah.


Blog, Updated at: 2:13 AM

0 comments:

Post a Comment