Perilaku Nyamuk Secara Umum

Posted by

Pada umumnya dalam kehidupan spesiaes nyamukantara yang satu dengan yang lainya tidak sama. umumnya umur  nyamuk betina lebih panjang dari nyamuk jantan.

Biasanya umur nyamuk kira kira 2 minggu, tapi ada juga yang hidup sampai 2 - 3  bulan seperti anopheles punctipenis di Amerika.

Hospes yang di sukainyapun berbeda beda. Ada yang kebiasan mengisap darah manusia yang di sebut antropofilik, ada yang menyukai darah hewan disebut zoofilik, dan ada yang lebih suka mengisap darah hewan di bandingkan darah manusia di sebut antropozzofilik.

Setelah mengisap darah nyamuk pun mencari tempat untuk istirahat sementara, selama menuggu proses perkembangan telur.Untuk yang memilih tempat istirahat di dalam rumah disebut endofilik , sedang yang memilih di luar rumah, kandang hewan, dan  tanah atau tempat tempat yang ketinggian di sekitar rumah.

Dalam beraktivitas, kehidupan nyamuk mengisap darah pun amatlah sangat berbeda beda,seperti halnya  nyamuk mengisap darah pada waktu malam hari disebut night at bitter dan mengisap darah di siang hari disebut  day bitter,sedang yang menggigit di luar rumah disebut eksofanik.

Daya tahan nyamuk pun berbeda-beda menurut spesiesnya. Nyamuk betina mempunyai jarak terbang lebih jauh daripada nyamuk jantan. Aedes aegypti jarak terbangnya pendek, kebanyakan nyamuk anopheles dapat terbang sampai 1,6 km, sedangkan nyamuk  Aedes vesanx dapat terbang cukup jauh, yaitu sampai jarak 30 km.


Blog, Updated at: 1:26 AM

0 comments:

Post a Comment