Pencegahan Penyakit Malaria

Posted by

Waspada Malaria !!!

Di Indonesia, nyamuk adalah sumber penularan penyakit demam berdarah, malaria, chikungunya, dan kaki gajah, Penyakit malaria di kota besar mungkin tidak setenar penyakit tropik lainnya seperti demam berdarah, chikungunya dan kaki gajah. 

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi protozoa yang disebut dengan Plasmodium yang proses penularannya melalui gigitan.

Masa inkubasi, yaitu waktu antara gigitan nyamuk malaria dan dimulainya gejala, tergantung kepada jenis parasit yang menginfeksi. Masa inkubasi Plasmodium falciparum adalah sekitar 1 - 2 minggu sedangkan untuk Plasmodium vivax adalah 2 - 3 minggu. Kedua jenis parasit inilah penyebab malaria paling umum di Indonesia.

Gejala-gejala awal dari malaria adalah:
  • Demam yang naik turun
  • Sakit kepala
  • Berkeringat dingin
  • Mual dan muntah - muntah
  • Nyeri otot
  • Diare
Malaria pada umumnya bisa dihindari dan dicegah, di daerah di mana terjadi endemik malaria seperti di pedesaan Papua dan Nusa Tenggara, pemerintah telah melaksanakan tes darah massal dan memberikan obat antimalaria secara gratis. Menghindari agar tidak tergigit nyamuk adalah cara pencegahan yang paling utama agar tidak tertular malaria.

Anda bisa memakai kelambu untuk menutupi ranjang, menyingkirkan genangan air, memakai losion anti serangga dan menggunakan pakaian atau selimut yang menutupi kulit tubuh. Gejala malaria akan muncul jika Anda digigit oleh nyamuk yang sudah terinfeksi oleh parasit Plasmodium.

Segera temui dokter jika muncul malaria dicurigai agar pengobatan bisa segera dimulai. Malaria akibat Plasmodium falciparum perlu lebih diwaspadai karena merupakan penyebab malaria yang paling berbahaya dan dapat menyebabkan komplikasi.


Blog, Updated at: 12:54 AM

0 comments:

Post a Comment